info lowongan kerja terbaru - kerja di rumah

Imbas kemarahan ortu terhadap keluarga / anak.

Hubungan ayah-ibu yang menyimpan amarah,jelas berimbas pada pola asuh anak. Semisal dalam penerapan disiplin anak didlm keluarga,ibu yang mengatakan,"Ayo, Dek, kamu harus tidur, jangan menonton TV aja!" justru akan dihadapi dengan sikap frontal si ayah, "Enggak apa-apalah, filmnya bagus!"Wah runyamkan,kalau satu keluarga sudah begini? Sementara ibu yang sudah dipenuhi emosi negatif bukannya mengkomunikasikan soal kedisiplinan ini pada suaminya, tapi malah menghardik si anak,"Dasar brengsek! Sama-sama susah diatur!"

Bukan cuma itu.Hubungan suami-istri yang memburuk memang cenderung mengkondisikan seseorang untuk mengorek-ngorek kesamaan pasangan dalam diri anak. Celakanya, kesamaan pada anak ini yang lantas dijadikan "tameng" untuk menyerang sekaligus berlindung dari pasangan. Nah, anak dengan kesamaan/kemiripan secara fisik maupun ciri kepribadian dengan pasanganlah yang biasanya dijadikan sasaran empuk.

Sangat mungkin pula terjadi.anak dendam atas perlakuan orang tuanya di masa lalu. Sewaktu kecil mereka tak bisa berbuat apa-apa membela dirinya. Selain dituntut untuk jadi anak baik-baik agar tak dianggap anak durhaka. Mau tidak mau seluruh perasaan negatifnya tentang orang tua dipendam terus sampai dewasa. Terlebih bila pengkambinghitaman tersebut sudah jadi menu sehari-hari dalam keluarga dan orang tuanya tak pernah meminta maaf.

Seyogyanya,orang tua mesti introspeksi jika anak berani mengekspresikan protes-protes kecilnya kepada keluarga / ortu.Semisal,"Mama jahat,aku enggak sayang sama Mama.", atau "Papa jangan marah-marah terus, dong!" Kalau ungkapan seperti yang muncul kenapa tidak dinetralisir dengan memberi penjelasan yang proporsional pada anak. Selain lewat ungkapan, orang tua pun mestinya bisa melihat ketidaksetujuan atau ketidaksukaan anak pada orang tua itu lewat ekspresi wajah. Hingga pandai-pandailah orang tua "membaca" apa yang tengah dialami anaknya.Mau menjadi ortu yang si hormati anak?Sayangilah anak anda.Mudah-mudahan bisa menjadi keluarga yang saling menghormati.

No comments:


Bookmark to:http://1keluarga.blogspot.com Icio Bookmark to:http://1keluarga.blogspot.com Digg Bookmark to:http://1keluarga.blogspot.com Del.icio.us Bookmark to:http://1keluarga.blogspot.com Facebook Bookmark to:http://1keluarga.blogspot.com Reddit Bookmark to:http://1keluarga.blogspot.com Propeller Bookmark to:http://1keluarga.blogspot.com Furl Bookmark to:http://1keluarga.blogspot.com Yahoo Bookmark to:http://1keluarga.blogspot.com Google Bookmark to:http://1keluarga.blogspot.com Blinklist Bookmark to:http://1keluarga.blogspot.com Diigo Bookmark to:http://1keluarga.blogspot.com Technorati Information